COMPANY PROFILE

Didirikan pada akhir tahun 1989, MNC Group mulai berkiprah di dunia usaha pada industri jasa keuangan melalui sebuah perusahaan sekuritas dan pada tahun 1996 berekspansi ke bidang usaha manajemen aset. Pada tahun 1997, MNC Corporation mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Dibawah kepemimpinan dari pendiri dan Group CEO, Bapak Hary Tanoesoedibjo, MNC Corporation saat ini berfokus pada 3 investasi strategis: Media, Jasa Keuangan dan Properti dan Portofolio Investasi. Pada sektor jasa keuangan, seiring dengan pertumbuhan yang pesat pada keseluruhan bisnis Group maka pada awal tahun 2000 MNC Kapital Indonesia atau lebih dikenal dengan nama MNC Financial Services didirikan untuk menampung semua unit bisnis keuangan yang di operasikan oleh Group termasuk ekspansi-ekspansi yang akan dilakukan di kemudian hari.

Beberapa tahun setelah itu, Group mengakuisisi sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan untuk konsumer yang selanjutnya berganti nama menjadi MNC Finance.

MNC Financial Services memiliki komitmen yang tinggi untuk menyediakan produk dan jasa keuangan yang lengkap dengan fokus utama pada sektor konsumer untuk menangkap peluang yang besar yang dimotori oleh besarnya jumlah penduduk di Indonesia dan semakin membesarnya golongan ekonomi berpendapatan kelas menengah serta kalangan kelas atas. Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5 hingga 6%, tingkat penetrasi yang rendah, penduduk berusia muda dan kekayaan alam yang berlimpah akan akan memastikan pertumbuhan yang berkesinambungan di sektor jasa keuangan dan pada industri yang behubungan dengan consumer.

Pada tahun 2001, MNC Financial Services mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Pada periode antara 2010 dan 2014, MNC Financial Services menambahkan 4 jasa keuangan yang baru melalui akuisisi terhadap perusahaan asuransi jiwa, asuransi umum, bank yang memegang semua ijin kegiatan usaha perbankan dan perusahaan leasing. Industri asuransi jiwa di Indonesia merupakan salah satu industri yang sangat menarik karena prospek pertumbuhan yang kuat yang di dasari oleh rendahnya tingkat penetrasi yang berada dibawah 15% dan penduduk yang berusia muda.

PT MNC Life Assurance (MNC Life), unit asuransi jiwa milik Perseroan merupakan hasil akuisisi terhadap UOB Life pada tahun 2010. Perseroan adalah pemegang saham 99,97% di MNC Life. MNC Life saat ini menawarkan beraneka ragam perlindungan yang luas yang mencakup asuransi tradisional yang terdiri dari asuransi jiwa dan kesehatan serta produk untuk mengakumulasi kekayaan dan produk unit link yang bekerja sama dengan MNC Asset Management.

MNC Life telah bertumbuh pesat dan merupaan salah satu yang tercepat di industrinya melalui penambahan yang pesat terhadap jumlah agen sales, bank assurances, pembukaan kantor cabang di seluruh Indonesia dan penawaran produk-produk yang inovatif. Industri asuransi umum di Indonesia menawarkan potensi pertumbuhan yang serupa dengan industri asuransi jiwa karena tingkat penetrasi yang rendah dan pertumbuhan yang kuat di sektor konsumer.

PT MNC Asuransi Indonesia (MNC Insurance) merupakan hasil akuisisi terhadap sebuah perusahaan asuransi umum yang berbasis lokal pada tahun 2011. Perseroan adalah pemegang saham 99,97% di MNC Insurance. Sejak akuisisi tersebut, pertumbuhan premi bruto MNC Insurance telah bertumbuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan pada industri asuransi umum melalui penawaran produk asuransi umum yang beraneka ragam yang inovatif dengan berfokus pada klien ritel dan korporasi. Permintaan terhadap mobil dan rumah akan terus menguat karena membesarnya penduduk yang berada di golongan ekonomi berpendapatan kelas menengah yang mewakili lebih dari 50% penduduk di Indonesia.

PT MNC Finance (MNC Finance) berfokus pada pembiayaan untuk konsumer dengan mayoritas portofolio pembiayaan untuk rumah dan mobil. Segmen pembiayaan tersebut belum terjamah dan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Perseroan adalah pemegang saham 99,99% di MNC Finance.

PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC Leasing), merupakan anggota terbaru di Group Financial Services yang berfokus pada klien korporasi dengan menyediakan jasa sewa guna usaha termasuk anjak piutang. Perseroan adalah pemegang saham 99,99% di MNC Leasing.

Group mulai berkiprah di dunia usaha melalui PT MNC Securities (MNC Securities) pada akhir tahun 1989. MNC Securities saat ini menyediakan jasa untuk bertransaksi saham dan instrumen berpendapatan tetap, jasa bertransaksi saham secara online, investment banking dan penasehat jasa keuangan serta riset. Saat ini MNC Securities berada di peringkat teratas untuk perusahaan sekuritas berbasis lokal dalam hal nilai transaksi saham yang juga menawarkan jasa pembiayaan marjin untuk klien yang aktif bertransaksi di pasar modal. Perseroan adalah pemegang saham 99,99% di MNC Securities.

PT MNC Asset Management (MNC Asset Management) menerima penilaian 5 bintang dari Morning Star dan mendapatkan berbagai penghargaan karena secara konsisten berkinerja dengan baik pada semua reksadana yang dikelolanya. Jasa yang ditawarkan meliputi reksadana berbasis local yang sangat beragam dengan profil risiko yang berbeda, reksadana yang berbasis di luar negeri, private equity dan unit link manajemen asset yang bekerja-sama dengan MNC Life. Perseroan adalah pemegang saham 99,99% di MNC Asset Management.

PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank), baru saja menjadi bagian dari MNC Group yang akan memainkan peranan penting untuk pertumbuhan bisnis keuangan Group secara keseluruhan. MNC Bank menargetkan segmen korporasi dan konsumer untuk memobilisasi dana pihak ketiga dan pinjaman. Selain bersinergi dengan sesame anggota Group, MNC Bank akan berfokus pada transaksi berbasis perbankan termasuk kartu kredit, pembayaran, manajemen kas, gaji dan lain-lain. Ditargetkan menjadi “bank masa depan”, MNC Bank merencanakan untuk mengembangkan sistim perbankan secara online yang paling canggih. Dengan hadirnya MNC Bank. MNC Financial Services akan menjadi bagian yang penting terhadap keseluruhan bisnis MNC Corporation. MNC Financial Services dapat menawarkan berbagai ragam produk dan jasa keuangan tanpa terkecuali. Saat ini, Perseroan adalah pemegang saham 39,88% di MNC Bank.

MNC Group memiliki komitmen untuk mendukung MNC Financial Services dalam hal keuangan dan sumber daya manusia serta promosi melalui media dan sinergi dengan unit-unit usaha di dalam Group untuk mempercepat pertumbuhan usahanya. Kami sangat yakin bahwa MNC Financial Services memiliki potensi pertumbuhan yang besar karena didukung oleh tim manajemen yang kuat, modal yang kuat dan kondisi perekonomian Indonesia yang kondusif terutama terhadap sektor yang terkait dengan konsumer. Dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun, Indonesia diproyeksikan berada di dalam peringkat 5 kekuatan ekonomi terbesar di dunia dan group bisnis seperti MNC Financial Services akan mendapatkan manfaat yang signifikan dari kondisi yang akan terjadi tersebut.

MNC Financial Services, institusi keuangan yang menyediakan jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Dikelola dengan mengutamakan visi, kualitas dan kecepatan.