Sekilas Perusahaan

 

Kilas Sejarah

Berawal dari sebuah perusahaan sekuritas yang bergerak di bidang jasa keuangan sejak tahun 1989, PT MNC Investama Tbk, yang juga dikenal sebagai MNC Group (“Perseroan”), kini telah bertransformasi menjadi sebuah grup investasi terkemuka di Indonesia.

Pada tahun 1997, Perseroan memasuki babak baru sebagai perusahaan publik dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham BHIT. Sebagai perusahaan terbuka, Perseroan mengukuhkan komitmen untuk meningkatkan kinerja operasional, pelayanan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya serta transparansi sistem pelaporan dan pengawasan kinerja keuangan dan operasional Perseroan.

Di bawah kepemimpinan pendiri sekaligus Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Perseroan saat ini berfokus pada 3 (tiga) investasi strategis yaitu media, jasa keuangan, properti, serta 1 (satu) bisnis pendukung yang masih terkait dengan bisnis inti di sektor jasa keuangan, yaitu investasi Keuangan.

Perubahan Nama Perseroan

Perseroan didirikan pada tanggal 2 November 1989 di Surabaya, Jawa Timur, dengan nama PT Bhakti Investments, yang kemudian berubah nama menjadi PT Bhakti Investama Tbk dengan kode saham “BHIT” di Bursa Efek Indonesia. Demi pertimbangan strategi bisnis, Perseroan berganti nama menjadi PT MNC Investama Tbk. Perubahan nama ini disetujui oleh pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham pada tanggal 2 Mei 2013, dan selanjutnya pada tanggal 23 Agustus 2013 mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan, ruang lingkup kegiatan Perseroan terutama meliputi bidang jasa, perdagangan, perindustrian, pertambangan, pertanian, pengangkutan, dan pembangunan. Dalam kegiatan usahanya, Perseroan merupakan induk usaha dari beberapa entitas anak yang bergerak dalam bidang investasi keuangan dan berfokus pada 3 (tiga) investasi strategis yaitu media, jasa keuangan dan properti.

 

Sektor Media

Pada sektor media yang dioperasikan melalui anak usaha Global Mediacom atau dikenal sebagai MNC Media, MNC Group adalah pemilik media terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara dengan portofolio yang terdiri dari 4 (empat) stasiun TV nasional Free-To-Air (FTA): RCTI, MNCTV, GlobalTV, dan iNewsTV serta 22 channel yang disiarkan di TV berlangganan MNC Channels. RCTI, MNCTV dan GlobalTV berfokus pada program hiburan, sedangkan iNewsTV berfokus pada penayangan program berita dan olahraga. iNewsTV merupakan TV nasional berjaringan terbesar yang terdiri dari 60 TV lokal yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga Desember 2016, dari 11 stasiun TV FTA nasional, 4 (empat) stasiun TV Perseroan secara bersama-sama menguasai 46% jaringan televisi berbasis iklan.

Di segmen media berbasis konten dan iklan ini, MNC Media masih menjadi pemimpin di industri televisi dengan program populer drama dan pencarian bakat. Program-program tayangan Perseroan membukukan pangsa pemirsa Prime Time sebesar 44,6%. Pada genre drama, 5 dari 10 drama seri terfavorit adalah milik MNC. MNC Media juga mengoperasikan 22 Channel TV Berlangganan bermerek MNC dan memiliki pustaka konten terbesar dengan lebih dari 300 ribu jam program. Segmen media berbasis pelanggan yang dikelola oleh MNC Sky Vision hingga saat ini telah menjadi saluran televisi berbayar terbesar di Indonesia melalui 3 (tiga) merek yaitu Indovision, Top TV, dan Okevision dengan pelanggan aktif sebanyak 2,5 juta. MNC Sky Vision mengoperasikan satelitnya sendiri dan terus berupaya menawarkan pelayanan berkualitas premium berorientasi pada pelanggan dan fokus pada pengembangan jaringan penjualan yang luas. Hingga saat ini Perseroan mampu mempertahankan pangsa pasar dominan dengan lebih dari 70% dari total pasar televisi berbayar di Indonesia.

Untuk melengkapi bisnis televisi berbayar, MNC Media juga memiliki MNC Play yang merupakan penyedia layanan jaringan berbasis serat optik menggunakan infrastruktur terkini Fiber To The Home (FTTH), menghadirkan 4 (empat) layanan terintegrasi Quadruple Play yang terdiri dari light speed internet dengan kecepatan hingga 1.000 Mbps, interactive cable TV, interactive New Media menampilkan Home Automation, Interactive Home Shopping, Interactive Stock Trading, dan crystal clear telephony dengan fitur video call. Internet Protocol Television (IPTV) yang hanya tersedia di MNC Play memiliki fitur yang ekstensif seperti video on demand, HD channels, TV on demand dan time shift.

Hingga akhir tahun 2016, Play Media telah menggelar 1.000.000 homepass di 7 (tujuh) kota besar di Indonesia. Jaringan FTTH yang handal mampu menghadirkan koneksi internet yang stabil dengan kecepatan hingga 1.000 Mbps baik untuk mengunduh maupun mengunggah. IPTV MNC Play telah menghadirkan 143 saluran TV berbayar termasuk 38 saluran eksklusif; 22 di antaranya adalah saluran dengan brand MNC.

Untuk meningkatkan sinergi dalam bisnis media, MNC Media juga memiliki dan mengoperasikan media cetak dan jaringan radio terbesar. MNC Media memproduksi animasi dan sinetron serta FTV dan film layar lebar. Untuk mendukung produksi inhouse, MNC Media mendirikan Star Media Nusantara yang merupakan perusahaan manajemen bakat yang saat ini mengembangkan karir untuk lebih dari 400 artis.

Di bisnis online, Okezone.com merupakan portal online berita dan hiburan yang berfokus pada pembaca Indonesia dengan beragam konten. Okezone.com menerbitkan sekitar 700-800 berita setiap hari, terbanyak di Indonesia. Selain Okezone. com, Perseroan juga memiliki online streaming yaitu Okezone. tv yang dikenal sebagai premier online TV streaming Indonesia. Per 31 Desember 2016, Okezone.com telah memiliki 20 juta pengunjung dalam setiap harinya. MNC Media juga mengoperasikan video portal hiburan melalui metube.id, dan juga jasa perjalanan online yang berfokus pada penjualan tiket, akomodasi dan paket perjalanan melalui www.misteraladin. com, serta belanja online melalui www.brandoutlet.com.

Di Home Shopping Business, MNC Shop adalah pusat berbelanja online yang dapat diakses 24 jam baik melalui channel 88 (Indovision, Top TV, OkeVision, MNC Play), maupun melalui www.mncshop.co.id. MNC Shop melakukan sinergi bisnis yang optimal dengan beroperasi pada berbagai platform: Pay TV, FTA dan internet sehingga memberikan berbagai jenis akses kepada pelanggan.

MNC Media Investment yang merupakan anak usaha dari MNC Media yang berbasis di luar negeri telah mencapai sukses luar biasa pada investasinya di Le Tang yang berkedudukan di Hefei, Cina dengan memproduksi online games dan mobile games untuk telepon seluler dan tablet. Mobile games “Boonie Bears 2” (BB2), “Armor Heroes”, dan “Crayon Sinchan” telah diunduh lebih dari 320 juta kali sampai saat ini.

 

Sektor Keuangan

Pada sektor jasa keuangan yang dikelola oleh MNC Kapital Indonesia atau dikenal sebagai MNC Financial Services, MNC Group memiliki komitmen yang kuat untuk menyediakan produk dan jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi, melalui MNC Bank, MNC Finance, MNC Securities, MNC Life, MNC Insurance, MNC Leasing, dan MNC Asset Management.

MNC Bank, yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan bisnis keuangan Group secara keseluruhan, menawarkan jasa perbankan full service dan sedang mengembangkan digital banking system agar dapat menjadi bank masa depan. MNC Bank telah mencatat pertumbuhan yang signifikan setelah melakukan pembenahan fundamental pada strategi usaha dengan memaksimalkan sinergi dengan entitas anak lainnya dalam naungan MNC Group. Saat ini, MNC Bank mengembangkan fokus pada segmen utamanya, yaitu Consumer Banking dan segmen UKM, dimana kedua segmen ini memiliki pasar dengan pertumbuhan yang cukup signifikan.

MNC Finance memiliki fokus pada pembiayaan untuk konsumen dengan mayoritas portofolio untuk pembiayaan rumah dan mobil. Hingga akhir tahun 2016, MNC Finance memiliki 46 kantor cabang sebagai jaringan distribusi, dimana 45 cabang menyediakan pembiayaan kendaraan bermotor, 22 cabang menyediakan MNC Express dan 10 cabang menawarkan pembiayaan rumah.

MNC Leasing yang fokus pada nasabah korporasi untuk pembiayaan aset-aset produktif untuk kalangan bisnis di Indonesia dengan skema pembiayaan modal kerja, pembiayaan investasi, dan pembiayaan multiguna menunjukkan kinerja yang terus bertumbuh dan akan menjadi salah satu contributor penting bagi struktur pendapatan MNC Kapital Indonesia. Di akhir tahun 2016, MNC Leasing telah beroperasi dengan jaringan bisnis mencapai 14 kantor cabang.

MNC Life menawarkan beragam perlindungan yang luas mencakup asuransi tradisional yang terdiri dari asuransi jiwa dan kesehatan serta produk untuk mengakumulasi kekayaan dan produk unit link yang bekerja sama dengan MNC Asset Management. Hingga akhir tahun 2016, MNC Life memiliki 26 kantor penjualan di 23 kota dan 10.922 agen. Sebuah pencapaian fenomenal hanya dalam kurun waktu beroperasi kurang dari 5 (lima) tahun didukung oleh nama besar MNC Group yang kuat dan telah dikenal luas.

MNC Insurance menyediakan produk-produk ritel dan produk untuk korporasi. Dalam periode 2011-2016, MNC Insurance mencatat pertumbuhan premi bruto mencapai 883% dan pertumbuhan aset 476%, sebuah catatan mengesankan yang menunjukkan keberhasilan MNC Group dalam mengelola sektor asuransi.

MNC Securities menyediakan jasa sebagai broker saham dan instrumen berpendapatan tetap, penjamin emisi, dan penasihat jasa keuangan serta riset. Entitas anak ini juga menyediakan jasa margin financing untuk klien yang aktif bertransaksi di pasar modal dan memberikan klien layanan yang lengkap dengan menyediakan informasi yang berharga yang bersumber dari Divisi Riset ekuitas dan utang (fixed income).

MNC Asset Management menawarkan berbagai produk investasi untuk investor individu, termasuk nasabah kelas atas (high-net-worth individuals), nasabah ritel dan nasabah institusi, produk reksadana serta mengelola akun diskresioner nasabah yang dapat disesuaikan dengan keinginan dari setiap nasabah.

 

Sektor Properti

Pada sektor properti, Perseroan memiliki MNC Land yang dalam kurun waktu yang singkat telah berkembang menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia. Bergerak dalam pengembangan, pembangunan dan akuisisi properti dan kawasan wisata terpadu serta dalam jasa properti.

Saat ini, MNC Land memiliki enam lini bisnis strategis utama yang meliputi MNC Lido City, kawasan seluas 3.000 ha di Lido, Jawa Barat yang didedikasikan sebagai pusat gaya hidup dan hiburan terintegrasi; MNC Bali Resort, kawasan resor mewah seluas 106 ha di Tabanan, Bali, salah satu kawasan resor yang terbesar dan paling terintegrasi di Bali; MNC City, pembangunan smart city seluas 3.000 ha di kawasan Tangerang, Banten; Properti Umum yang terdiri dari properti dalam pengembangan serta portofolio properti komersil dan hunian bertingkat yang premium; Jasa Properti yang menyediakan jasa manajemen properti, jasa keamanan dan jasa terkait properti lainnya bagi konsumen internal dan eksternal; serta Portofolio Investasi.

MNC Lido City nantinya akan menjadi kebanggaan Indonesia dengan menghadirkan fasilitas-fasilitas yang canggih dimana dalam tahap pertamanya seluas 700 ha akan terdapat dua komponen utama yaitu theme park resort kelas dunia dan Trump community super mewah, keduanya akan didukung oleh smart infrastructure. Semua komponen ini sedang memasuki tahapan akhir dari proses desain kecuali lapangan golf kejuaraan yang dirancang oleh Ernie Els yang saat ini sudah berada dalam tahapan konstruksi dan diharapkan untuk selesai di awal tahun 2018.

MNC Bali Resort, yang juga menghadirkan resor dan lapangan golf signature Trump Hotels, saat ini sedang berada dalam tahapan desain. Lapangan golf 18-hole yang terkenal dan telah mengadakan banyak kejuaraan di MNC Bali Resort yang berhadapan dengan Pura Tanah Lot akan dirancang oleh Phil Mickelson, pemenang Major Championship.

Dua properti dalam lini bisnis Properti Umum yang saat ini sedang berada dalam tahapan konstruksi antara lain One East Penthouse and Residences Collection di Surabaya yang juga menghadirkan Oakwood Hotel & Residences dan MNC Media Tower & Park Hyatt Hotel di Jakarta. Proses konstruksi One East Penthouse and Residences Collection saat ini sudah memasuki tahapan fitting out, mendekati penyelesaian. Beberapa unit apartemen strata juga telah diserahterimakan kepada pemiliknya. Konstruksi MNC Media Tower & Park Hyatt Hotel, gedung dengan 39 lantai, sudah mencapai tahapan topping off pada bulan Desember 2016 dan saat ini telah memasuki tahapan finishing.

MNC Land juga memiliki investasi yang signifikan di Plaza Indonesia di Jakarta yang mencakup Grand Hyatt Hotel & Keraton Luxury Collection Hotel; FX Sudirman dan The Plaza di Jakarta; serta The Westin Resort & Convention Center dan Pan Pacific Nirwana Bali Resort di Bali.

MNC Land juga membangun dan mengembangkan gedung dan kompleks perkantoran MNC Group yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, yang dijadikan sebagai pusat kegiatan produksi berita dari perusahaan afiliasi media Perseroan seperti PT Global Mediacom Tbk yang menaungi 4 (empat) stasiun TV nasional: RCTI, Global TV, MNCTV dan iNewsTV, serta media berita lainnya seperti media cetak dan radio. MNC Land juga berhasil merampungkan pembangunan gedung perkantoran MNC Tower yang memiliki 12 lantai dan terletak di kawasan strategis Surabaya.

 

Sektor Investasi

Bisnis lainnya yang dioperasikan oleh Perseroan adalah investasi keuangan. Tujuan investasi adalah murni untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini, Group memiliki investasi pada bidang usaha transportasi, pertambangan batubara dan terminal batubara.

Perseroan sangat yakin bahwa ketiga bisnis strategis yang berada di bawah Perseroan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi karena di dukung oleh tim manajemen yang kuat, komitmen Group untuk memperkuat modal dan kondisi perekonomian Indonesia yang kondusif terhadap semua bisnis yang dijalankan dan diinvestasikan oleh MNC Group.

Seiring dengan kondisi ekonomi domestik yang diprediksi akan terus membaik, Perseroan akan terus mengambil langkahlangkah strategis untuk mengembangkan sektor media dan telekomunikasi, jasa keuangan serta berinvestasi pada bisnis properti premium yang memiliki prospek pertumbuhan tinggi.

Selengkapnya:

DOWNLOAD PDF