Sekilas Perusahaan

 

Didirikan pada akhir tahun 1989, MNC Investama atau dikenal sebagai MNC Corporation mulai berkiprah di dunia usaha pada industri jasa keuangan melalui sebuah perusahaan sekuritas dan kini telah berkembang menjadi sebuah grup investasi terdepan di Indonesia. Pada tahun 1997, MNC Corporation mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Di bawah kepemimpinan pendiri yang juga merupakan Chairman & CEO MNC Group, Bapak Hary Tanoesoedibjo, MNC Corporation saat ini berfokus pada 3 investasi strategis: media, jasa keuangan, properti serta investasi keuangan. Pada sektor media yang dioperasikan melalui anak usaha yang bernama Global Mediacom atau dikenal sebagai MNC Media, MNC Group memiliki media terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara dengan portofolio yang terdiri dari stasiun TV nasional Free-to-Air (FTA), TV Berlangganan, dan bisnis online.

Dalam bisnis media yang berbasis iklan, MNC Media memiliki 4 TV nasional FTA. Sebagai stasiun TV terbesar di Indonesia, RCTI berspesialisasi dalam menyiarkan sinetron untuk keluarga dan program-program hiburan unggulan. Beberapa program unggulan yang diproduksi oleh RCTI adalah Indonesian Idol, Master Chef, X-Factor dan Rising Star. MNCTV berfokus pada variety shows, sinetron bertema tradisional dan siaran langsung olah raga. Global TV menghibur anak-anak dan kawula muda dengan film-film bioskop dan film kartun yang diproduksi oleh Hollywood.

MNC Media juga memiliki iNews TV yang merupakan TV nasional berjaringan terbesar yang terdiri dari 51 TV lokal yang tersebar di seluruh Indonesia yang berfokus pada penayangan program berita, mengoperasikan 22 Channel TV Berlangganan bermerek MNC dan memiliki pustaka konten terbesar dengan lebih dari 270.000 jam program. iNews TV Network dan Channels yang disiarkan di TV Berlangganan akan menjadi sumber pertumbuhan yang penting untuk MNC Media.

Untuk meningkatkan sinergi dalam bisnis media, MNC Media juga memiliki dan mengoperasikan koran dan jaringan radio terbesar. MNC Media memproduksi animasi dan sinetron serta FTV dan film layar lebar. Untuk mendukung produksi in-house, MNC Media mendirikan Star Media Nusantara yang merupakan perusahaan manajemen bakat yang saat ini mengembangkan karir untuk sekitar 300 artis.

Melalui MNC Sky Vision, MNC Media telah mendirikan platform TV Berlangganan yang terbesar di Indonesia. Dengan jumlah pelanggan lebih dari 2,5 juta maka pangsa pelanggan MNC Sky Vision adalah sebesar 70%. MNC Sky Vision menawarkan jumlah channel eksklusif yang terbanyak dan memiliki satelit sendiri. Kami yakin bahwa MNC Sky Vision memiliki potensi pertumbuhan yang besar karena tingkat penetrasi pada TV Berlangganan di Indonesia masih rendah yaitu kurang dari 10%.

Untuk mendukung MNC Sky Vision, MNC Media telah memasang kabel fiber optik yang dioperasikan oleh Play Media yang menawarkan jasa internet tercepat hingga 200 mbps. Jasa IPTV yang ditawarkan oleh Play Media memiliki fitur-fitur yang terlengkap seperti Video On Demand, Channel HD, TV On Demand dan fitur time shift yang hanya tersedia di Play Media. MNC Group juga menawarkan jasa OTT secara cuma-Cuma kepada pelanggan TV Berlanggan untuk meningkatkan pengalaman mereka dalam menonton.

Sementara itu Okezone yang saat ini adalah situs portal akan ditingkatkan menjadi search engine popularitasnya semakin hari semakin meningkat dengan lebih dari 2 juta pengunjung baru setiap hari.

MNC Media Investment yang merupakan anak usaha dari MNC Media yang berbasis di luar negeri telah mencapai sukses luar biasa pada investasinya di Letang yang berbasis di Hefei, Cina dengan memproduksi online games dan mobile games untuk handphone dan tablet. Games seperti Boonie Bear dan Armour Hero telah di unduh lebih dari 300 juta kali pada tahun 2015.

Dengan rendahnya tingkat penetrasi di Indonesia maka MNC Media diproyeksikan untuk bertumbuh pesat dan menjadi kekuatan yang dominan di Asia.

Pada sektor jasa keuangan, melalui MNC Kapital Indonesia atau dikenal sebagai MNC Financial Services, MNC Group memiliki komitmen yang kuat untuk menyediakan produk dan jasa keuangan yang lengkap dengan fokus utama pada sektor konsumer untuk menangkap peluang yang besar yang didasari pada besarnya jumlah penduduk di Indonesia dan semakin membesarnya golongan ekonomi berpendapatan kelas menengah.

Dengan ekonomi yang akan tumbuh minimal 5 hingga 6%, penduduk yang berusia muda dan kekayaan alam yang berlimpah, maka faktor-faktor tersebut akan memastikan berlanjutnya pertumbuhan yang kuat di sektor jasa keuangan dan di industri yang berhubungan dengan konsumer.

MNC Life menawarkan beragam perlindungan yang luas yang mencakup asuransi tradisional yang terdiri dari asuransi jiwa dan kesehatan serta produk untuk mengakumulasi kekayaan dan produk unit link yang bekerja sama dengan MNC Asset Management.

MNC Insurance menyediakan beragam produk asuransi umum yang ditargetkan untuk segmen retail dan klien korporasi.

MNC Finance berfokus pada pembiayaan untuk konsumer dengan mayoritas portofolio untuk pembiayaan rumah dan mobil.

MNC Leasing yang merupakan anggota terbaru di Group jasa keuangan berfokus pada klien korporasi dengan menawarkan jasa sewa guna usaha termasuk anjak piutang.

MNC Securities menyediakan jasa bertransaksi saham dan instrumen berpendapatan tetap, jasa bertransaksi saham secara online, investment banking dan jasa sebagai penasehat keuangan serta riset. Saat ini MNC Securities berada diantara perusahaan sekuritas berbasis lokal berperingkat teratas dalam hal nilai transaksi saham dan menawarkan jasa pembiayaan marjin untuk klien yang aktif bertransaksi di pasar modal.

MNC Asset Management menerima penilaian 5 bintang dari Morning Star dan mendapatkan berbagai penghargaan karena secara konsisten berkinerja baik pada semua reksadana yang dikelolanya. Jasa yang ditawarkan meliputi beraneka ragam reksadana berbasis lokal dengan profil risiko yang berbeda, reksadana yang berbasis di luar negeri, private equity dan manajemen aset unit link yang bekerja-sama dengan MNC Life.

MNC Bank, berperan penting dalam pertumbuhan bisnis keuangan Group secara keseluruhan. MNC Bank menargetkan klien korporasi dan consumer untuk memobilisasi dana pihak ketiga dan pinjaman. Di targetkan menjadi “bank masa depan”, MNC Bank berencana untuk mengembangkan sistem perbankan secara online yang paling canggih.

Dengan adanya sebuah bank maka MNC Financial Services menjadi bagian penting dalam keseluruhan bisnis MNC Corporation. MNC Financial Services dapat menawarkan berbagai ragam produk dan jasa keuangan tanpa terkecuali.

Pada sektor properti, MNC Group memiliki MNC Land yang telah bertumbuh menjadi salah satu group property terbesar di Indonesia yang dicapai dalam kurun waktu yang relatif singkat.

MNC Land mengakuisisi Lido resort yang berlokasi di Bogor yang akan dikembangkan menjadi suatu komplek properti gaya hidup dan hiburan. Dengan total luas area sebesar 3.000 ha di Lido, Bogor akan menjadi theme park yang terintegrasi yang mencakup water park, hotel resor berbintang lima, villa resor yang sangat ekslusif, perumahan dengan lapangan golf, pusat menyehatkan jiwa dan raga dan factory outlets dikelilingi oleh 3 propinsi yaitu Jawa Barat, Banten dan Jakarta dengan jumlah penduduk lebih dari 60 juta jiwa. Untuk mencapai Lido melalui jalan darat, membutuhkan waktu hanya 60 hingga 90 menit setelah selesainya konstruksi jalan tol yang saat ini sedang dikembangkan.

MNC Land juga memiliki Westin Resort and Convention Center di Nusa Dua Bali dan Bali Nirwana Resort (BNR). BNR memiliki sebuah hotel dan lapangan golf yang dirancang oleh Greg Norman yang berlokasi di Tanah Lot, Tabanan, Bali dengan luas area lebih dari 108 ha. Saat ini resor tersebut sedang di rancang ulang dan akan menjadi resor yang paling terintegrasi dan mewah di Bali dengan membangun eksklusif destinasi resort terpadu dan terbesar yang sangat eksklusif yang meliputi hotel, amphitheater, vila yang sangat eksklusif dan komplek untuk menyehatkan jiwa dan raga, lapangan golf, club hiburan dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Unit terakhir di MNC Land adalah bisnis untuk mengembangkan property umum, investasi dan manajemen.

Saat ini MNC Land juga memiliki dan mengembangkan beberapa gedung perkantoran, apartemen dan hotel yang berlokasi di daerah bergengsi di Jakarta dan Surabaya seperti Park Hyatt Hotel di Jakarta, dan Oakwood Serviced Apartment di Surabaya. Memiliki investasi yang signifikan di Plaza Indonesia di Jakarta yang mencakup Grand Hyatt Hotel & Keraton Luxury Collection Hotel.

Bisnis lainnya yang dioperasikan oleh MNC Corporation adalah investasi keuangan. Tujuan investasi adalah murni untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini, Group memiliki investasi pada bidang usaha transportasi, pertambangan batubara dan terminal batubara.

Kami sangat yakin bahwa ketiga bisnis strategis yang berada dibawah MNC Corporation memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi karena di dukung oleh tim manajemen yang kuat, komitmen Group untuk memperkuat modal dan kondisi perekonomian Indonesia yang kondusif terhadap semua bisnis yang dijalankan dan di investasikan oleh MNC Corporation.

Program CSR MNC Group diberikan tanpa batasan, menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun Indonesia diproyeksikan berada di dalam peringkat 5 ekonomi terbesar di dunia dan grup bisnis seperti MNC Corporation akan mendapatkan manfaat yang signifikan dari kondisi yang akan terjadi tersebut.

MNC Corporation, sebuah Group yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Kami mengelola dengan Visi, Kualitas dan Kecepatan.

 

ANGGARAN DASAR PERSEROAN

Selengkapnya:

DOWNLOAD PDF