ARCHIVE
RECENTS

22 Apr 2015, 13:47 WIB

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Memilih Media, MNC Media Gelar Seminar Media Literasi di IAIN Mataram

MATARAM – Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih selektif dalam mengonsumsi media, MNC Media melalui iNews TV Mataram bekerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram menggelar seminar dengan tema Media Literasi: Edukasi Tontonan TV yang Baik.

Ratusan peserta yang terdiri dari sejumlah dosen, mahasiswa, budayawan dan sejumlah undangan, memadati AULA kampus IAIN Mataram pada Rabu (22/4/2015). Seminar nasional mengenai media literasi ini dinilai penting untuk digalakkan dan disosialisasikan kepada publik, terutama kepada mahasiswa. Peran mahasiswa menjadi penting  karena peran mahasiswa sebagai pembaharu (agent of change) tidak akan tercipta tanpa membentuk karakter yang kuat.

Seminar ini menghadirkan tiga orang pembicara yaitu Direktur iNews TV yang juga merupakan perwakilan dari MNC Media Wijaya Kusuma, Ketua KPID NTB Sukri Aruman, dan Akademisi dari IAIN Mataram Dr. Kadri. Dialog seputar media literasi berlangsung antusias, peserta melontarkan berbagai pertanyaan mengenai cara memilih tontonan yang baik dan beberapa kritikan mengenai tayangan televisi Indonesia saat ini.

"Jadilah penonton yang cerdas, apabila ditemukan ada tayangan yang tidak mendidik, pemirsa berkewajiban untuk memperbaiki dan mengingatkan televisi tersebut melalui KPID", ujar Wijaya Kusuma.

Untuk mengantisipasi banyaknya tayangan yang tidak sehat terutama untuk anak - anak Sukri Aruman pun menambahkan "KPID sedang merancang sebuah program yaitu Gerakan Keluarga Sadar Media dalam rangka bersama - sama mengawasi media".

Hal senada disampaikan Dr Kadri yang mengatakan "ditengah fenomena media televisi yang saat ini tengah digandrungi, masih ditemukan tayangan yang tidak memiliki kontribusi bahkan berdampak negatif. Untuk mengantisipasinya dibutuhkan forum literasi media untuk melahirkan kontribusi - kontribusi yang positif", tutur Dr Kadri.

iNEWS TV Mataram