ARCHIVE
RECENTS

31 Aug 2015, 10:02 WIB

Bank Jatim-MNC Securities Bersinergi

SURABAYA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) akan meningkatkan kerja sama dengan MNC Securities melalui pembelian obligasi.

Bank milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim ini berharap ada sistem sinergi yang saling menguntungkan. Direktur Operasional Bank Jatim Rudie Hardiono mengatakan, saat ini pembelian obligasi yang dilakukan Bank Jatim melalui MNC Securities sudah mencapai Rp10 miliar.

”Kami akan meningkatkan pembelian itu, yang penting saling menguntungkan,” kata Rudie. Ia mengatakan, Bank Jatim telah terkoneksi dengan MNC Securities. Koneksitas ini dilakukan dalam pembelian obligasi. Sinergi ini diharapkan mampu mendongkrak pendapatan dari Bank Jatim.

Meski demikian, Bank Jatim terus meningkatkan pendapatan dari sisi lain, seperti mengembangkan produk-produk terbaru, di antaranya Si Umik, meningkatkan kerja sama dengan asosiasi bank daerah di Indonesia dan berencana mengeluarkan produk baru pada Oktober mendatang yang diberi nama Jatim Prioritas. Strategi lain yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan adalah meningkatkan kerja sama dengan UKM (usaha kecil menengah).

”Saat ini yang masih menjadi andalan adalah produk Si Umik,” papar dia. Direktur Utama Bank Jatim R Soeroso mengatakan, program Si Umik menjadi program khusus. Soeroso yakin, SI Umik bisa diterima dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Sebelumnya Bank Jatim sudah menghimpun dana masyarakat, tetapi tidak semua masyarakat mengetahuinya. ”Kalau lewat Si Umik, kemungkinan bisa diterima karena nasabah akan dikasih kartu ATM yang berfungsi ganda, yakni sebagai ATM dan di baliknya ada nomor SIUPP untuk usaha,” paparnya.

Sementara, Direktur Utama MNC Securities Susy Meilina berharap ada kerja sama yang saling menguntungkan antara MNC Securities dengan Bank Jatim. Sinergi yang sudah dibangun ini bisa berkembang dengan baik. ”Kalau kerja sama pastinya saling menguntungkan. Kami serius mengembangkan bisnis ini,” katanya di depan pejabat Bank Jatim.

Apalagi, MNC Securities didukung dengan MNC Group yang di dalamnya ada bisnis media, properti, dan bank. MNC Group juga memiliki sekitar 35.000 karyawan. Kondisi tersebut sangat menguntungkan. ”Kita ingin jadi tuan rumah di rumah kita sendiri,” ungkap Susy.

Toyib Abdullah / Gaby Oksavira

Sumber : www.koran-sindo.com