ARCHIVE
RECENTS

03 Aug 2015, 08:42 WIB

Berminat Jadi Jurnalis? Yuk Ikut Kompetisi Ini

JAKARTA - Ada kabar menarik bagi para mahasiswa yang tertarik akan dunia jurnalistik. BBC World mengadakan kompetisi BBCFuture Journalist Award ( BBC FJA) bagi mahasiswa Indonesia.

Mereka menggandeng Indovision sebagai saluran televisi berbayar terbesar di Indonesia yang juga secara eksklusif menayangkan BBC . Kompetisi ini dikhususkan untuk mahasiswa, berkewarganegaraan Indonesia dan memiliki minat di dunia jurnalistik. Program ini sudah dilakukan BBC selama 13 tahun di Thailand dan sukses menjadi wadah para calon jurnalis.

Tentu ini merupakan kesempatan bagi para generasi muda di Indonesia yang bercita-cita menjadi wartawan untuk mewujudkan impian mereka. Dua pemenang kompetisi ini akan belajar dunia kewartawanan langsung ke kantor redaksi BBC di London, Inggris.

”BBC merupakan sumber berita terlengkap dari zaman dulu, kompetisi ini sangat bagus diikuti oleh mahasiswa. Indovision sangat bangga dapat bekerja sama dengan BBC , karena pertama kalinya kompetisi ditujukan bagi calon jurnalis untuk memberi kesempatan mereka belajar kepada jurnalistik secara internasional,” ujar Vice President PT MNC Sky Vision Yudha Wibawa saat konferensi pers BBC FJA di Jakarta kemarin.

Kompetisi ini juga menjadi bagian dari visi Indovision yang memiliki perhatian tinggi terhadap perkembangan jurnalisme Indonesia. Indovision secara berkala melakukan kompetisi jurnalistik untuk para jurnalis dan kali ini bersama BBC World yang membuka kesempatan calon jurnalis. Syarat untuk mengikuti kompetisi ini sangat mudah. Mahasiswa hanya perlu mendaftar dan mengisi formulir di situs www.bbcfja.com , mulai 6 Agustus hingga 1 September.

”Kompetisi ini sangat mudah karena mahasiswa hanya harus bercerita ketertarikan mereka di dunia jurnalistik dalam satu paragraf dan mengenai hal lainnya,” ujar Senior Affiliate Sales Manager BBC Worldwide Cheryl Png.

Dia menambahkan, pihak BBC langsung yang akan menilai semua tulisan. Nantinya dipilih 20 mahasiswa yang akan didatangkan langsung ke Jakarta untuk bertemu panelis dari BBC World. Finalis BBC FJA akan mendapat workshop dan interview dari para panelis di kantor Indovision. Setelah itu, dua pemenang akan dipilih untuk ke London selama enam hari untuk mengunjungi kantor redaksi dan berbagi pengalaman dengan para jurnalis BBC World. Pemenang juga akan mendapatkan uang saku dan sertifikat dari BBC World.

Toyib Abdullah / Gaby Oksavira

Sumber : www.koran-sindo.com