ARCHIVE
RECENTS

23 Jan 2016, 09:30 WIB

Dua Film MNC Pictures Masuk Film Terlaris 2015

JAKARTA - Selama 2015 ada 10 film Indonesia yang meraih pendapatan besar. Posisi teratas dipegang film Surga yang Tak Dirindukan dengan penghasilan sebesar Rp45,7 miliar. Posisi kedua ditempati film Single yang meraih 1,5 juta penonton atau meraih pendapatan kotor sebesar Rp39,5 miliar. Sementara, dua film karya rumah produksi MNC Pictures, Di Balik 98 dan 3 Dara mampu menempati posisi 6 dan 7 film terlaris dengan pendapatan kotor masing-masing sebesar Rp20,5 miliar dan Rp20 miliar. Film Di Balik 98 mampu menarik penonton karena menceritakan perjuangan keluarga dan pengorbanan cinta pada masa itu. Film arahan Lukman Sardi ini ditonton 685.000 orang pada 2015.

Sementara film 3 Dara yang dibintangi Tora Sudiro, Adipati Dolken, dan Tanta Ginting sukses menarik 666.000 penonton. Executive Producer MNC Pictures Affandi Abdul Rahman mengatakan MNC Pictures berusaha untuk membuat karya film berkualitas yang sesuai dengan target market -nya. Tentunya didukung semua aspek yang baik agar menghasilkan film berkualitas, baik produser, sutradara, maupun para pemain yang saling berkolaborasi menjalankan fungsinya dengan baik.

“Kedua film itu memang ujung tombak, berasal dari promosi film tersebut yang sesuai dengan target yang kami kejar, dan kalau dibilang sukses atau tidak, kami merasa masih jauh dari sukses apabila diukur hanya dari jumlah penonton. Itu karena film yang baik bisa memadukan semua aspek yang ada. Banyak film horor ecek-ecek yang dari segi kemasan cerita kurang baik, tapi bisa meraih jumlah penonton besar. Jadi, itu bukan patokan ukuran film sukses,” kata Affandi melalui sambungan telepon, kemarin.

Menurut dia, dampak promosi dari media banyak berpengaruh dalam mendongkrak jumlah penonton. Promosi lewat media lebih mendekatkan film, sekaligus membuat penonton menjadi penasaran. Di sisi lain, sebagai bagian dari MNC Group, film Di Balik 98 dan 3 Dara ini didukung oleh grup media yang ada di dalamnya. “Sehingga ini menjadi sinergi yang baik antarberbagai pihak yang bisa membuat sebuah film sukses,” ujarnya.

Toyib Abdullah/Gaby Oksavira
Sumber : www.koran-sindo.com