ARCHIVE
RECENTS

13 Oct 2015, 05:19 WIB

Dua Mahasiswa Menangkan BBC Future Journalist Award 2015

JAKARTA - Dua mahasiswa Indonesia, Jennifer Sidharta dari Universitas Multimedia Nusantara dan Naomi Indartiningrum dari Prasetiya Mulya School of Business Economics berhasil memenangkan kesempatan untuk belajar jurnalistik ke BBC London, Inggris. Keduanya merupakan pemenang BBC Future Journalist Award yang merupakan hasil kerja sama antara PT MNC Sky Vision Tbk dengan BBC Global News Ltd.

Mereka terpilih setelah menjalani serangkaian workshop, wawancara, dan penilaian bersama 18 kandidat lainnya pada 10-11 Oktober 2015 di Wisma Indovision, Jakarta.

"Ajang ini merupakan kerja sama Indovision dan BBC World News sebagai wujud kepedulian kepada pembinaan talenta di negara kita, khususnya bidang jurnalistik. Selain itu, memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan karier secara profesional dan melahirkan calon jurnalis yang handal dan berkualitas," ujar Deputy CEO PT MNC Sky Vision Tbk, Yudha Wibawa.

Yudha menambahkan, BBC sebagai salah satu lembaga media berita besar dan terpercaya di dunia telah melakukan program tersebut di beberapa negara. Namun, lanjut dia, untuk di Indonesia sendiri ini adalah kali pertama.

"Kami memiliki visi yang sama, yakni channel yang mengarah ke ibu dan anak, sehingga fokus ke education. Ke depan jika mendapat respons positif acara ini bisa berlanjut secara kontinyu dengan jumlah peserta semakin banyak," tuturnya.

Sementara Jennifer sebagai pemenang mengaku senang dan akan memanfaatkan kesempatan langka ini secara maksimal. "Akan saya manfaatkan untuk belajar, apalagi BBC merupakan pusat media pemberitaan besar," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Naomi. Mahasiswi semester lima ini menuturkan, tidak menyangka bisa berangkat ke London untuk belajar menjadi jurnalis di BBC. "Enggak percaya. Dan saya akan belajar banget, apalagi saya kuliah bukan di bidang jurnalistik," terangnya.

Sebelumnya terdapat sekira 100 peserta yang medaftar pada periode 6 Agustus hingga 18 September 2015. Para peserta tersebut berasal dari lima kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Makassar. Proses seleksi kemudian menyisakan 20 peserta yang kemudian dua di antaranya dipilih untuk mengunjungi kantor pusat BBC di London selama enam hari.

Toyib Abdullah/Gaby Oksavira

Sumber : www.okezone.com