ARCHIVE
RECENTS

15 Aug 2015, 13:08 WIB

Koran SINDO & Sindonews Gelar Olimpiade Robot Pelajar Se-Jabodetabek

JAKARTA – Surat kabar nasional, Koran SINDO dan portal Sindonews.com bekerjasama dengan Robotic explorer menggelar Olimpiade Robotika Sindo di Lotte Shopping Avenue Kuningan, Jakarta, Sabtu, (15/8/2015).

Olimpiade robot yang diikuti oleh peserta SD dan SMP se-jabodetabek ini digelar salah satunya mengisi ultah kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia. Event tersebut juga diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas anak-anak dalam bidang robotika.

Pemimpin Redaksi Koran SINDO, Pung Purwanto mengatakan bahwa olimpiade robot ini digelar untuk yang pertama kalinya dan akan terus berlanjut di tahun mendatang. Menurutnya, acara ini dapat memberi semangat kepada generasi muda untuk berprestasi dalam bidang sains dan teknologi. "Kita mulai SD dan SMP, rencana berikutnya tingkat SMA dan SMK," tambahnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan dalam sambutannya mengatakan bahwa teknologi merupakan hal yang penting. Konsep 'Steam' perlu digalakan, yang meliputi Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematics.

"Saya menyampaikan apresiasi. Di dalam robotik ini ada yang menarik, yaitu seni. Anak-anak yang membuat robot, mereka harus memasukan komponen seni," tutur Anies.

Anies berharap ada kegiatan olimpiade-olimpiade sejenis ini di tempat lainnya guna memberikan dampak positif terhadap perkembangan teknologi robotika di Indonesia.

Sementara, Direktur Robotic Explorer, Jully Tjindrawan, mengatakan dari total 2.500 siswa SD dan SMP, terbentuk 800 tim yang akan berkompetisi. Robot yang diciptakan merupakan robot pembantu, misalnya saja robot pembersih atau vacum cleaner berukuran kecil dan lain-lain.

Kemudian, akan diseleksi, dipilih pemenang 6 tim, yang terdiri dari 3 tim dari SD dan 3 tim dari SMP. Pengumuman pemenang olimpiade akan dihelat pada Desember 2015.

Toyib Abdullah / Gaby Oksavira

Sumber : www.okezone.com