ARCHIVE
RECENTS

07 Oct 2015, 15:02 WIB

Platform Media Dituntut Bersinergi

PURWOKERTO – Perubahan zaman menuntut media terus berubah, termasuk melakukan konvergensi. Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) KORAN SINDO Masirom mengatakan, internet telah mengubah segalanya, mulai dari kehidupan seharihari tak terkecuali dalam media. Dulu platform media terpisah, baik itu yang cetak, elektronik maupun online. Namun dalam perkembangannya, platform media dituntut untuk bisa bersinergi menjadi satu.

”MNC Group sudah melakukan itu. Jika Anda klik sindonews. com Anda bisa mendapatkan semuanya di situ. Mulai berita online, berita cetak KORAN SINDO, streaming iNews TV hingga siaran SINDO RADIO ada,” katanya saat menjadi pembicara Sindo Goes to Campus (SGTC), Konvergensi Media di Era Digital Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah (06/10).

Tuntutan sinergi media tersebut juga membuat kebutuhan jurnalis yang multitalenta. Seorang jurnalis harus bisa banyak hal. Masirom mencontohkan, wartawan KORAN SINDO saat ini juga harus dituntut untuk bisa menjadi wartawan di media online . ”Ini bukan hal yang mudah untuk mengubah kebiasaan wartawan cetak untuk menulis di online . Online butuh kecepatan sedangkan wartawan koran biasanya baru menulis sore hari saat semua data dan narasumber lengkap,” imbuhnya.

Selain memberikan berita yang mendalam, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan, KORAN SINDO juga menampilkan perwajahan yang menarik dengan data-data grafis.

Sementara itu, di hadapan sekitar 200 mahasiswa UMP, Manajer Produksi iNews TV , Khoiri Akhmadi berpesan ke depan masih terbuka lebar untuk berkarier dalam dunia media. Menurut dia, untuk bisa menjadi wartawan tangguh diperlukan tiga hal, yakni kerja sama, fokus, dan pantang menyerah.

Sebelumnya, Rektor UMP Syamsuhadi Irysad menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan KORAN SINDO ini. Dia berharap mahasiswa bisa mengambil ilmu yang disampaikan para pembicara. ”Saya berharap para mahasiswa bisa ikut mengembangkan media di masa depan. Ambil ilmunya,” ajaknya.

Nandika Nur Ardiyanto, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMP mengatakan sangat senang mengikuti acara semacam ini. ”Saya baru sekali ini mengikuti acara seperti ini. Ini sangat membantu, kami ada mata kuliah jurnalistik dasar,” tegasnya.

Toyib Abdullah/Gaby Oksavira

Sumber : www.koran-sindo.com