ARCHIVE
RECENTS

01 Aug 2015, 10:08 WIB

Televisi MNC Group Raih Program Terbaik Ramadan

JAKARTA - Program Ramadan milik televisi yang bernaung di bawah MNC Group berjaya di Penghargaan Program Ramadan Terbaik 2015 dan Apresiasi Program Ramadan 2015.

Tayangan milik RCTI, Hafidz Indonesia, sukses merebut penghargaan Program Acara Terbaik Ramadan 2015 untuk kategori Talent Show. Tahun lalu, Hafidz Indonesia juga merebut penghargaan serupa. Apresiasi itu diberikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui acara Penghargaan Program Siaran Ramadan 2015 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta, kemarin.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq kepada Direktur Global Mediacom David Fernando Audy. Hafidz Indonesia merupakan program yang menampilkan kontestan anak-anak di bawah usia 7 tahun yang mampu menghafal Alquran.

”Terima kasih atas penghargaan ini dan tentunya ini menjadi tantangan bagi kita untuk terus konsisten menghadirkan program berkualitas dan berdampak positif,” imbuh David. Ketua KPI Judhariksawan mengapresiasi kreativitas RCTI menghadirkan program yang bersumber nilai agama.

”Saya melihat, Hafidz Indonesia merupakan program yang berhasil dalam konteks bulan Ramadan karena bisa menjadi tuntunan masyarakat Indonesia. Orangtua bisa menuntun serta memotivasi anak-anak melakukan hal yang sama,” paparnya.

Ajang penghargaan tersebut diadakan KPI dan MUI dengan parameter siaran yang sesuai dengan aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), relevan dengan spirit Ramadan, dan siaran yang menghibur sekaligus mendidik bagi pemirsa. Ada empat kriteria yang dinilai dalam penghargaan ini yakni kualitas. Kreativitas, orisinalitas dan kontinuitas, yaitu konsistensi dan survive. Dalam pengawasan siaran Ramadan, selain bekerja sama dengan MUI, KPI juga melibatkan masyarakat melalui saluran aduan dan apresiasi atas tayangan siaran yang tayang di televisi.

Sepanjang Ramadan, televisi milik MNC Group konsisten memberikan tayangan berkualitas yang bernuansa islami. Tidak hanya mengedepankan tayangan yang menghibur, program-program yang dihadirkan juga ditujukan untuk menambah wawasan keislaman sekaligus meningkatkan semangat beribadah.

Prestasi juga diraih oleh MNCTV, GlobalTV, dan iNews dengan berhasil merebut Apresiasi Program Ramadan 2015. MNCTV melalui Ngabuburit Ke Pesantren Bareng Opick. GlobalTV dengan program reality show, Rindu Suara Adzan. Sedangkan, iNews melalui program Inspirasi Hari Ini.

Bagi MNCTV, sebelumnya program lain yakni serial Shalahuddin Al Ayyubi juga mendapat apresiasi dari MUI. Film ini dinilai sebagai tayangan berkualitas dan inspiratif dengan menyuguhkan kisah keteladanan pejuang Islam.

Toyib Abdullah / Gaby Oksavira

Sumber : www.koran-sindo.com